15%

Alasan Khawatir Massa Bergerak Lebih Banyak, Habib Bahar Di Pindah Ke Nusakambangan.

20-May-2020

Arus Hukum. Penangkapan kembali Habib Bahar nyaris menuai amuk massa khususnya para jamaah dan simpatisan dari habib bahar.

Kemarin dari Info yang berhasil di himpun tim Arusnews di Bogor, ratusan massa sudah mengrudug lapas di gunung sindur sebagai bentuk atas penangkapan kembali Sang Habib. Mereka menuntut Habib Bahar Bin Smith di bebaskan karena alasan pasal yang di sangkakan untuk penangkapan Habib Bahar berbuah ketidak adilan.

Melihat akan adanya indikasi pergerakan massa yang lebih banyak, akhirnya Menkum Ham ber inisiatif memindahkan Habib Bahar bin Smith dipindah dari LP Gunung Sindur ke Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah. Sebab, massa pendukung Bahar membuat gangguan keamanan dan ketertiban di LP Gunung Sindur.

Ssat Massa Grudug Lapas Gunung Sindur

Hal ini pula yang di ungkapkan Dirjen Lapas Reynhard Silitongoa kepada
 pada awak media Arusnews "Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat, yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Habib Bahar Bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Klas I Batu Nusakambangan," Ungkap Dirjen Lapas Reynhard Silitongoa kepada wartawan, Rabu (20/5/2020).

Alasan pemindahan untuk kepentingan keamanan, ketertiban dan pembinaan bagi Bahar. Gangguan keamanan dan ketertiban yang ditimbulkan oleh aksi massa simpatisan.

"Mencegah pelanggaran protokol COVID-19 yang ditimbulkan dari kerumunan massa simpatisan," ujar Reynhard.

Habib Bahar telah dipindahkan dari Lapas Khusus Gunung Sindur ke Lapas Klas I Batu Nusakambangan pada hari Selasa malam, tanggal 19 Mei 2020 dengan pengawalan Kepolisian dan jajaran petugas lembaga Pemasyarakatan

"Yang dalam pelaksanaanya yang bersangkutan diperlakukan dengan baik sesuai SOP," pungkasnya.

Topik : perlindungan hukum

Artikel yang mungkin Anda suka