15%

Wingko Hayu, Kuliner Khas Bantul Yogya. Pas Untuk Rasa, Pas Untuk Oleh-oleh

13-Oct-2019

Arus yogya. Bagi penggiat icip-icip kuliner tradisional siapa yang tak kenal dengan namanya Wingko. Wingko sering disebut wingko babat, merupakan jajanan tradisional khas Jawa. Bukan saja dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, jajanan ini juga banyak ditemui di Yogyakarta. Tentu, masing-masing daerah memiliki citarasa sendiri.

Crew Arusnews mendapatkan informasi adanya Wingko babat yang bernama Wingko Hayu. Wingko Hayu yang memiliki workshop di wilayah Srandakan belakang pasar Mangiran Srandakan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rini Owner Wingko Hayu Saat Di Wawancarai Crew Arusnews

Saat Crew Arusnews menyambangi lokasi dan sentra produksi penbuatan Wingko Hayu, Selasa (9/10/2019). Tim Arusnews diterima langsung oleh Rini sebagai owner dari Wingko Hayu. Rini menuturkan pada Wartawan Arusnews " Wingko Hayu
dalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Wingko saya buat dalam berbentuk bundar biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil.

Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat.

Wingko Hayu Saat Di Hudangkan Crew Arusnews

Saya merintis usaha ini sudah diatas 8 tahun. Jika berkunjung ke Bantul, wingko menjadi jajanan yang tepat untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Salah satu wingko yang cukup terkenal di Bantul ialah Wingko Hayu. Wingko ini dapat ditemui di Karowelang, Caturharjo, Pandak, Bantul, DI Yogyakarta.

 

Wingko Hayu diracik dari bahan beras ketan, kelapa, dan gula jawa. Proses pembuatannya dilakukan dengan cara dipanggang.

Ditambahkan pula, yang membuat unik dari wingko pada umumnya ialah komposisi bahannya. Antara beras kelapa dan gula jawanya diracik dengan komposisi yang tepat untuk mendapatkan citarasa yang gurih.

Namun, untuk tambahan rasa, dibubuhkan rasa dari buah-buahan. Ada beberapa macam rasa. Di antaranya rasa durian, rasa nangka, dan rasa pisang. Terutama saat para konsumen akan mau mengadakan hajatan. Wingko Produk kami sering jadi bahan oleh-oleh hajatan" pungkas nya.
Arul

 

Topik : UKM

Artikel yang mungkin Anda suka