15%

Kak Ojan" Dongeng Ibu Hadirkan Ke Utuhan Orang Tua Pada Anak

15-Dec-2019

Arus Jakarta. Ibu adalah madrasah (Sekolah) awal bagi buah hati nya" Hadist Rosulloh Muhammad SAW, Wanita adalah pondasi yang kokoh bagi suatu negara. Hal ini lah yang menjadi negara kita, untuk menetapkan hari ibu pada tanggal 22 Desember besok.

Pada pekan lalu, Crew Arusnews menyambangi kediaman pendongeng Profesional yang akrab di sapa dengan Kak Ojan. Karena sarana dongeng alat yang kuat untuk mendekatnya se orang ibu dengan buah hati nya.

Di bilangan kawasan kebagusan Jakarta Selatan, Kak Ojan menuturkan pada tim Arusnews tentang ibu dan hari ibu jatuh pada tanggal 22 Desember.

"Sebetulnya hari ibu harusnya setiap hari, akan tetapi ada moment satu tahun sekali diangkat lagi agar kita mengingat kembali bahwa IBU itu sangat penting, ibu itu guru pertama buat anak, pendongeng pertama buat anak, jadi jangan sampai anak dengar dongeng pertama kali dari pendongeng, harus dari ibunya atau bapaknya. Ujar kak Ojan

Kak Ojan Bersama Pimred Arusnews

Lebih lanjut kak Ojan menerangkan" sejak kapan anak mendengar dongeng?

"Sejak di dalam kandungan, diajak bicara janin nya dan itupun sama dengan mendongeng. Resiko orang tua yang suka membacakan buku cerita atau mendongeng kepada anaknya hanya satu, 'capek' sebab ketika si anak telah mendengar cerita dongeng atau dari buku, pasti minta nambah untuk diceritakan (lagi,lagi,lagi). Pungkasnya

Prinsip mendongeng dipanggung, di kelas, dan dirumah itu berbeda-beda, kebutuhan pendongeng profesional, guru dan orang tua dirumah itu berbeda sekali. Untuk dirumah bercerita lah senyaman mungkin, tehniknya senyaman mungkin, kalo kita memberi tips ke orang tua bahwa bercerita(dongeng) harus begini,begitu, akhirnya orang tua mikir dongeng itu susah, cerita itu susah, padahal bercerita ya bercerita aja.

Saya sendiri sebagai pendongeng profesional kalo bercerita kepada anak saya, ya bercerita biasa aja dan anak akan tertarik pada cerita orang tuanya dengan cara mereka sendiri,bercerita(dongeng) jangan jadi patokan pendongeng itu begini dan saya harus begitu "tidak", jadi bapak/ibu ceritalah (berdongeng) kepada anaknya yang senyaman mungkin" papar kak Ojan

Sebelum mengakhiri perbincangan bersama crew arusnews. Kak Ojan berpesan" Untuk para Ibu, Mamah, Bunda, Ummi, Emak (perempuan).  Jangan dibatasi aktifitas. wanita boleh jadi ibu rumah tangga menjadi wanita karir dia boleh menjadi apa saja, itu jga kebutuhannya juga untuk exist dan berkarya.

Tapi menjadi apapun jangan lupa ada sesuatu yang berharga dirumah yaitu "ANAK" jangan sampai karena aktifitasnya melalaikan kita untuk membesarkan anak yang kita dengan cinta, salah satu aktifitas yang efektif adalah bercerita, maka bunda-bunda saya harap mulai hari ini sering-seringlah bercerita (ber dongeng) pad putra-putrinya agar mereka rasakan hadirnya seorang ibu dan ayah nya secara utuh" Pungkas Kak Ojan.
Ruly.

Topik : Ibu

Artikel yang mungkin Anda suka