15%

Puluhan Siswa SD Muhammadiah 1 Cisalak Depok Ikuti BIAS Untuk Depok Sehat

28-Nov-2019

Saat para Siswa SD Muhammadiah 1 Cisalak Kota Depok Ikuti BIAS

Arus Depok. Suasana di ruang kepala Sekolah SD 1 Muhammadiah Cisalak Depok terlihat riuh ketika petugas medis berseragam terlihat memasuki area sekolah. Respons para siswa pun aneka rupa, ada yang biasa saja ada pula yang menangis histeris (sebagian kecil)

Hesti Saat Mendampingi Siswa Ikuti BIAS

Para petugas medis itu merupakan petugas kesehatan dari Puskesmas Cisalak Sukmajaya Kota Depok yang akan memberikan imunisasi kepada siswa kelas 2, 3 dan 5. Mereka mendapat imunisasi campak dan Difteri Tetanus (DT) oleh petugas Puskesma, Kamis (28/11/2019). Program imunisasi ini dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Hesti selaku kepala sekolah Muhammadiah 1 Cisalak Sukmajaya menuturkan pada crew arusnews" Pemberian imunisasi untuk siswa SD perlu dilakukan karena sejak anak memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan tingkat kekebalan. Oleh sebab itu, pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia SD atau sederajat.

Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Ini diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak. Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi diri dari aneka penyakit maka imunisasi ulangan perlu diberikan kembali sampai usia anak sekolah..

Program BIAS untuk memberi-kan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus. Karena itu para guru dan orangtua perlu memberikan dukungan jika anaknya mendapat imunisasi di sekolah oleh petugas Puskesmas setempat.

Kami pun sebelum pelaksanaan (1 pekan sebelum nya) memberikan surut ijin pada orang tua siswa agar Putra/i nya di ijinkan untuk mengikuti program BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah). Al-hamdulillah mayoritas orang tua siswa memberikan ijin. Walaupun ada juga yang tidak memberi ijin, ya dengan beragam alasan. 

"Kami saat ini total siswa yang di miliki 180 siswa. Sementara yang di laksanakan program BIAS ada 54 siswa.

Ditambahkan pula Hesti dalam menyambut HGN (Hari Guru Nasional) dan Hut PGRI ke 74 mengungkapkan" Selamat hari guru, Semoga kita terus bisa emban amanah tugas mulia ini untuk membentuk Akhlak Mulia dan kecerdasan siswa untuk kemajuan bangsa. Dan pada pemerintah Kota Depok juga pusat, terus lakukan terobosan untuk kesejahteraan para guru. Guru memang bukan orang hebat. Tapi banyak orang bisa jadi hebat karena seorang Guru" pungkas Hesti (Kepala Sekolah SD Muhammadiah 1 Cisalak Kota Depok).

Topik : Siswa Prestasi

Artikel yang mungkin Anda suka