15%

Taruna/i SMKN 4 kota Depok, Adakan Hari Guru Nasional "Gerak Dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

25-Nov-2021

Arus Depok. Hari guru Nasional ke 76 hari ini, Kamis (25/11/2021) serentak dilaksanakan oleh setiap instansi pendidikan baik negeri maupun swasta (SD-SMA dan SMK). Begitu pula leading sektor pendidikan di wilayah kota Depok, khususnya keluarga besar SMK Negeri 4 Penerbangan kota Depok. Dengan mengusung tema " Bergerak Dengan Hati, Pulihkan Pendidikan"

Dalam pantauan Crew ArusNews, upacara peringatan hari Guru Nasional yang ke 76 dilaksanakan tepat pukul 08:00 wib. Pukul 07:00 siswa/i sudah mulai memasuki halaman sekolah dengan didahului penerapan protokol kesehatan ketat (pemeriksaan suhu tubuh siswa maupun para guru, mencuci tangan menggunakan hand sanitiser dan menggunakan masker.

Tepat pukul 08:00 wib upacara memperingati hari Guru Nasional ke 76 dimulai. Para siswa/i (Taruna/i) dengan bantu anggota Resimen SMK Negeri 4 Penerbangan kota Depok barisan sudah mulai teratur rapih.

Turut hadir para Guru, Wakil Kepala bidang kesiswaan, Bidang kurikulum serta staf TU di SMK Negeri 4 Penerbangan kota Depok.

Bertindak sebagai pembina upacara Budi, komandan upacara dipimpin oleh Purwadi. Dalam kata sambutannya dalam upacara penyambut Hari Guru Nasional dirinya membacakan amanat tertulis dari menteri Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim:
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua, Om swastiastu, Namo buddhaya, Salam kebajikan,

Rahayu

Ibu dan Bapak guru di seluruh Indonesia

Saya hari ini benar-benar semangat karena sekarang kita bertemu untuk memperingati Hari Guru Sedunia. Jadi hari ini adalah harinya semua Ibu dan Bapak guru di Indonesia untuk merayakan bersama seluruh pendidik di berbagai belahan dunia.

Namun bagi kami di Kemendikbudristek, setiap hari adalah hari guru. Karena seperti Ibu dan Bapak guru yang tidak pernah berhenti mengabdikan diri untuk mendidik anak-anak kita, kami juga berupaya terus memberikan pelayanan terbaik bagi para guru dari Sabang sampai Merauke.

Ibu dan Bapak guru yang saya hormati.

Selama hampir dua tahun terakhir, Ibu Bapak guru terus berjuang memberikan pendidikan di tengah semua tantangan pandemi.

Guru-guru ditantang untuk memanfaatkan teknologi membuat pembelajaran daring harus menarik bagi semua murid. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim.

Sementara di daerah yang sulit akses internet, banyak guru yang menantang risiko dengan mengajar dari rumah ke rumah.

Dengan hal ini, kami berupaya membantu dan mendukung para pendidik dan tenaga kependidikan dengan menghadirkan beragam paket kebijakan.

Kami melaksanakan relaksasi dana BOS sehingga bisa digunakan untuk membayar honor guru non PNS, guru-guru honorer.

Kami memberikan Bantuan Subsidi Upah untuk pendidik dan tenaga kependidikan non PNS. Kami memberikan opsi bagi guru untuk menerapkan kurikulum darurat, yang lebih ramping, lebih sederhana.

Kami membagikan modul pembelajaran di masa khusus untuk membantu pembelajaran di daerah yang sulit akses internet. Dan kami mengembangkan platform Guru Belajar dan Berbagi sehingga para guru dapat saling belajar dari rekan sejawatnya dalam mengembangkan pembelajaran.

Selain itu, kami juga berupaya meningkatkan kesejahteraan guru dengan menyelenggarakan seleksi guru ASN-PPPK dengan afirmasi bagi pelamar yang telah memiliki sertifikat pendidik, yang berusia lebih dari 35 tahun, penyandang disabilitas, berasal dari THK2 dan aktif mengajar selama paling tidak tiga tahun. Dan sekarang, berkat ketangguhan Ibu dan Bapak kita berhasil melawati masa yang penuh tantangan.

Saat ini kita mulai melaksanakan PTM terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat demi keselamatan semua warga sekolah"ungkap nya.

Saat penyerahan kenangan Dari Siswa Pada Guru SMKN 4 kota Depok.

Sementara pasca upacara Crew ArusNews berkesempatan mewawancarai Purwadi Guru senior yang juga menjabat sebagai Ka. Program Studi Penerbangan. Pakde Pur (Sapaan Akrabnya) menuturkan" Saya menghimbau pada orang tua siswa, wali murid. Agar turut membantu memberikan motivasi belajar pada putera/i nya yang di amanahi di SMK Negeri 4 Penerbangan kota Depok. Sehingga kerjasama apik akan terbentuk dan prestasi pun segera terukir.

"Begitu pula kepada pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek untuk bisa membuka kran khusus nya bagi SMk Negeri Penerbangan. Agar bisa menjalin kerjasama dengan Panglima TNI agar saat didapati siswa berprestasi bisa melanjutkan sekolah nya dengan beasiswa full dari Mabes TNI dan Kemendikbudristek khususnya untuk mendalami bidang penerbangan dan tenaga tekhik pesawat udara" pungkas Purwadi.
Rief/Ru/Red.

Topik : Guru Prestasi tokoh peduli HUT

Artikel yang mungkin Anda suka