15%

Pemkot Depok & TCASTSMS, Adakan Diklat Untuk Amankan Arsip Lewat Digital

15-Jan-2022

Arus Teknologi. Era digitalisasi menuntut orang, komunitas juga bangsa harus mengikuti nya. Dipastikan tentunya melakukan sistem pengelolaan dokumen secara digital bisa jadi alternatif pilihan. Seperti diketahui, perkembangan teknologi saat ini sudah mulai mencakup dalam seluruh aspek. Tidak dapat dipungkiri, bahwa teknologi membuat semuanya jadi lebih efektif dan efisien.

Kelebihan Pengelolaan Dokumen Digital Dibanding Fisik.

Selain itu, digital juga memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan mengelola dokumen secara fisik (konservatif).

Danang Wahyudi selaku Founder Software Arsip.com sekaligus Direktur TCASTSMS menuturkan tentang kelebihan ini dalam acara seminar online yang mengangkat judul “Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan dengan Digitalisasi Arsip dan Perpustakaan” 

Dalam pantauan wartawan ArusNews, acara yang diselenggarakan oleh TCASTSMS bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok pada Jum’at, (14/1/2022).

Danang menuturkan" bahwa mengelola digital jauh lebih aman karena dapat diatur privilege aksesnya dan distrubusinya yang sangat cepat.

Begitu pula sebaliknya. Pengelolaan dokumen secara fisik itu sangat mudah rusak hilang, dipalsukan, juga aksesnya yang lambat.

Berikut perbandingan-perbandingan lain antara digital dan fisik.

1. Digital: Tidak memakan tempat dan dapat diakses langsung di manapun kapan pun.
Fisik: Memakan tempat penyimpanan dan berpotensi penumpukan sehingga tercecer.

2. Digital: Dapat bertahan lama dan bisa diperbanyak kapan saja.
Fisik: Terkendala oleh JRA yang belum tentu disetujui oleh pemilik arsip.

3. Digital: Effort waktu dalam pencarian arsip di rak penyimpanan lebih cepat.

Fisik: Biaya yang dikeluarkan untuk mengelola sangat besar.

4. Digital: Cepat pada saat proses pemusnahan.
Fisik: Memakan waktu pada saat pemusnahan.

5. Digital: Sesuai dengan undang-undang dan peraturan pemerintah mengenai back up data.
Fisik: Berisiko seperti mudah terbakar, kebanjiran, sampai human error.

Seminar online tersebut diadakan berkat kerja sama yang juga kolaborasi antara TCASTSMS dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok. Seminar tersebut diselenggarakan pada Jum’at, (14/1/2022) tentang Pemanfaatan Teknologi Digital yang judulnya “Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan dengan Digitalisasi Arsip dan Perpustakaan.”

Turut mengundang Safii Akbar selaku Ketua Forum Perpustakaan Sekolah dan Danang Wahyudi Founder SoftwareArsip.com sekaligus Direktur TCASTSMS.

Acara diselenggarakan via zoom meeting dan diikuti oleh 100 orang peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Dengan harapan bisa menuai manfaat untuk orang banyak juga negara.
Her/Red

Topik : Depok Workshop Teknologi

Artikel yang mungkin Anda suka